Seberapa besar Keyword Anda..?
Memiliki keyword yang tepat bagi kita, maka sangat mudah sekali bagi kita untuk menawarkan produk kita kepada pasar yang tepat, kepada calon konsumen yang bersedia membeli produk kita. Bahkan lebih hebatnya lagi, dengan keyword bisa memuat bisnis online kita diuber-uber pembeli. Widih… enak tenan
Keyword = key success = kunci sukses
Salah satu materi penting dalam setiap bisnis online terbaik di dunia adalah keyword. Dan secara sadar ataupun tidak sadar kita pasti sudah menggunakan ilmu keyword dalam setiap bisnis online kita tentunya.
Mungkin teman-teman sudah familiar dengan keyword, tapi tidak ada salah-nya kita evaluasi. Siapa tahu dapat ide dan masukan bermanfaat bagi bisnis kita semua
Ada 4 hal penting yang akan kita bahas terkait keyword kita hari ini
Pertama : Jantung Trafik
Apapun bisnisnya kuncinya adalah trafik. Kuncinya adalah pengunjung. Sebagus apapun produk kita kalau orang tidak tahu maka tidak akan pernah ada transaksi. So jelas kenapa jasa SEO rame, mulai dari pelatihan sampai membuat halaman kita nangkring di #1 SERP. Tentunya kita berharap untuk dapat dengan mudah ditemukan orang dari seluruh dunia. Bagaimana dunia bisa menemukan bisnis kita? Tentunya melalui keyword yang diketikkan di mesin pencari tersebut.
Teman-teman pasti sudah punya keyword yang di target kan?
Ambil selembar kertas atau buka notepad juga boleh. Tulis 3 keyword andalan kita.
1 ________________________
2 ________________________
3 ________________________
Lalu buka https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
Masukkan 3 keyword andalah kita disana
Perhatikan pilihan lokasi dan bahasa, sesuaikan dengan target market kita.
Ada fasilitas penting yang sering kita kurang perhatikan, yaitu MatchTipe. Disana terdapat alternatif pilihan broad, [exact], atau “phrase”. Sebaiknya centang ketiganya.
Lho memang apa bedanya ?
- Broad : pencarian secara bebas, ada dalam kata, kesalahan ketik pencari dan sebagainya
- [exact] : riil pencarian sesuai kata yang diketik pencari
- “phrase” : pencarian kata/kalimat dalam kalimat yang lebih panjang
Dalam mengukur efektivitas keyword, baiknya kita lebih fokus pada jumlah pencarian [exact].
Beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan keyword dengan pencarian minimal 2000 per bulannya.
Wah pencarian saya tidak sampai 2000 sebulan bagaimana?
Tambahkan keyword lain yang kiranya pencarian cukup tinggi, dan optimasi seo-nya sekalian.
Penggunaan External Tools baiknya menghindari broad, karena cenderung menghasilkan angka yang jauh lebih besar dari kenyataannya.
Kedua Pelajari Kompetisinya
Setelah menemukan keyword terbaik bagi bisnis mupun web kita, langkah berikutnya adalah melihat kekuatan kita untuk mampu bersaing dalam medan perang SEO.
Teknik mengenali kompetisi khususnya di google adalah dengan menggunakan fungsi allintitle. Misal kita berkompetisi tentang bisnis online, dengan keyword “bisnis online” caranya adalah dengan membuka halaman google
Lalu ketik “allintitle:bisnis online” tanpa tanda petik. Tekan enter.
Ada angka dibawahnya adalah = Sekitar 3,980,000 hasil (0.14 detik)
Itulah persaingan riil keyoword “bisnis online”
Silahkan ukur kemanpuan SEO anda untuk memperkirakan rangking SERP kita.
Dari pengalaman saya pribadi jika didapat sekitar 100.0000 hasil masih cukup mudah bagi kita menjadi #1 dalam waktu sekitar 1-2 bulan.
Ketiga hitung profit keyword anda.
Perlu diperhatikan bahwa urutan hasil pencarian google sangat menentukan keberhasilan bisnis online kita. Dari riset yang terbukti valid, jika web kita berhasil memperoleh urutan #1 di google maka traffic yang akan datang ke web kita adalah berkisar 56% dari jumlah pencarian [exact]
Sebagai contoh misalnya pencarian dengan kata kunci [bisnis online] mendapat pencarian sebanyak 27.000, maka bila posisi SERP Google #1 maka traffc yang didapat adalah sekitar :
27.000 x 56% = 15.120 / bulan
Selanjutnya adalah konversi. Rata-rata web yang baik, dan membidik keyword yang spesifik bisa menghasilkan konversi sekitar 10 – 20%.
Anggap web kita diatas menghasilkan convertion rate 10% maka total penjualan kita per bulan adalah 1.512 penjualan. Dengan average profit per sales misal Rp. 10.000 maka kita bisa hitung profit dari bisnis online adalah 1.512 x Rp. 10.000 = Rp. 15.120.000 / bulan
Woo keren….!!
Dan perlu di catat, jika kita sudah mencapai “keyword” yang pas, dengan produk berkonversi tinggi, bisnis online anda secara otomatis menjadi mesin uang. Uenak tenan…..
Keempat adalah action tentunya
Sebenarnya masih ada point penting lain yang dapat meningkatkan hasil dari bisnis online, semoga minggu depan bisa bersua kembali. Sukses untuk bisnis anda semua….
Salam Sukses
0 comments:
Posting Komentar
Silahkan Tinggalkan Komentar.