Bill Gates telah mengisi tiap rumah dengan komputer menggunakan software Windows. Alexander Graham Bell menciptakan telepon yang berdering di setiap rumah. Dan saya menciptakan Formula Bisnis yang menjadi panduan bisnis wajib bagi anda yang mau memulai bisnis di internet.
Saya yakin sebagian besar dari anda sudah memiliki bisnis sendiri. Bisa bisnis online bisa juga bisnis offline. Pemilik bisnis online pasti juga membuat web dan melakukan promosi. Namun tak berhenti di sini. Pebisnis selalu akan mencari terobosan-terobosan baru untuk mengembangkan bisnisnya.
Nah pertanyaan “apa yang belum dimiliki pelanggan anda?” berhubungan dengan pengembangan bisnis. Sebuah cara mengembangkan bisnis anda agar menjadi lebih maju lagi.
Sebetulnya pertanyaan yang lebih lengkap adalah “Apa produk yang dibutuhkan pelanggan dan mampu membuat hidup mereka lebih baik?” Jawabannya bisa beragam dan mungkin akan sangat banyak jenisnya, bergantung dari siapa jenis pelanggan anda. Namun tentu dugaan jawaban anda tak lepas dari bidang bisnis yang anda geluti. Kalau anda seorang pengusaha kayu misal, maka jawabannya tak lepas dari lingkup bisnis tersebut.
Inti jawaban dari pertanyaan awal tadi adalah bagaimana melihat peluang yang muncul dari sisi konsumen. Bagaimana mengamati kondisi pasar dan meraih peluang darinya. Coba baca juga posting Dimana Ada Masalah, Disitu Ada Peluang.
Sebagai contoh misalkan anda saat ini sudah memiliki produk informasi tentang cara meninggikan tubuh. Anda butuh produk-produk pendukung yang bisa membuat produk anda lebih bernilai. Anda bisa buat sendiri dengan mencari idenya terlebih dahulu, atau jika tidak, anda bisa lihat EbookBuku.com untuk dapatkan produk-produk bagus yang bisa melengkapi produk anda. Di sana anda akan temukan banyak produk bermanfaat yang bisa berguna untuk pelanggan anda.
Tentu sebelumnya anda harus jawab pertanyaan tadi: Apa yang Pelanggan Anda Belum Punya? Saat anda sudah dapat menjawabnya, anda bisa membuat bisnis anda lebih kuat. Produk utama anda terlihat lebih berharga dengan banyaknya produk pendukung. Begitupun kalau anda ingin membuat bisnis baru, anda sudah tahu dimana celahnya. Anda tahu produk apa yang belum mereka punya dan dibutuhkan.
Selalu ada celah di pasar. Tidak setiap persoalan konsumen terselesaikan. Cari tahu celah yang ada, dan masuklah ke sana.
Jadi tugas anda hari ini. Lihat kembali bisnis anda. Perhatikan kembali produk-produk anda. Luangkan waktu untuk mengidentifikasi adakah produk yang belum dipunyai pelanggan anda namun sebetulnya sangat mereka butuhkan?
0 comments:
Posting Komentar
Silahkan Tinggalkan Komentar.