Tulisan ini saya buat karena ada pertanyaan dari beberapa blogger untuk membuatkan tutorial cara membuat web iklan facebook. Bahkan ada sebagian yang minta dibuatkan lewat sms. Sebenarnya permintaannya sudah lama tapi baru sekarang sempat saya sodorkan ilmunya di blog ini. Walaupun tutorial tentang ini mungkin sudah usang, tapi siapa tahu ada pemula di internet yang belum tahu tentang hal ini.

Membuat web iklan facebook sebenarnya sangat mudah. Tapi saya beri tahu dulu, bahwa sebenarnya bukan we iklan, tapi web halaman/page facebook yang dikelola seperti iklan. Agar tampak seperti web iklan nama page/halaman yang dibuat harus dikasih nama-nama yang berkaitan dengan periklanan seperti “iklan baris“, “promosi gratis“, “free ads ” dan lain-lain. Cara kerjanya adalah advertiser atau pemasang iklan melakukan “like” terhadap halaman/page yang kita buat lalu mereka pasang iklan apa saja di halaman tersebut. Like dulu baru bisa pasang iklan. 
Salah satu page/halaman facebook yang saya buat khusus untuk iklan rupanya cukup banyak advertisernya seperti di
Bagaimana cara membuat halaman iklan facebook?
1. Silahkan buka dan login ke http://www.facebook.com  dengan user dan pasword pilihan anda. Jika belum punya maka anda harus register terlebih dahulu
2. Silahkan buka http://www.facebook.com/pages untuk membuat halaman Facebook
3. Klik tombol + Buat Halaman yang ada di sebelah kanan atas.
4. Pilih 6 kategori yang berkaitan dengan halaman yang akan anda buat. Jika halaman yang anda buat adalah untuk iklan, pilih saja Tempat atau Bisnis Lokal atau yang lain terserah anda. Lihat gambar
5. Saya memilih kategori Perusahaan, Organisasi atau Institusi untuk iklan facebook saya. Lihat gambar.
- Di Rodio Buttton yang tersedia saya memilih Media/Berita/Penerbitan.
- Di bawahnya saya masukkan kata “Promosi Gratis“.
- Ceck List kolom persegi yang ada di sebelah kata “Saya menyetujui Ketentuan Halaman Facebook
- Klik tombol Mulai.
6. Halaman iklan facebook anda sudah jadi dan anda akan masuk ke halaman untuk memasukkan alamat halaman anda. Isi saja sesuai petunjuk. Selamat iklan facebook anda sudah siap dipasarkan. Alamatnya akan jadi seperti ini http://www.facebook.com/pages/Promosi-Gratis/186406181427392 Semoga Manfaat ya !