Kamis, 28 Juli 2011

Membuat Kapsul Keladi Tikus Dengan Cara Tradisional

Umbi yang layak dikapsulkan
Keladi Tikus baru dipanenKeladi Tikus baru dipanen
Tujuan pembuatan kapsul keladi tikus ialah agar lebih praktis dikonsumsi. Dengan demikian kapsul bisa diminum kapan saja dan dimana saja (kantor, saat bepergian, dsb). Selain itu keladi tikus dalam bentuk kapsul tidak menyebabkan rasa gatal di tenggorokan. Dan untuk tujuan bisnis, pembuatan kapsul keladi tikus jelas sangat membantu.


Membuat kapsul keladi tikus secara tradisional pada dasarnya sangatlah mudah. Sehingga siapa saja bisa membuatnya. Dari pengalaman bertahun-tahun melayani penderita kanker dengan keladi tikus justru pembuatan sederhana inilah yang paling bagus. Perlu diketahui, pada tahun 2003 kami sudah membuat kapsul keladi tikus ekstrak. Respon yang ada justru kapsul tradisional yang lebih membantu. Tetapi yang hendaknya diingat, konsumsi keladi tikus segar tetap paling bagus (hasil pendataan kami September 2001 sampai Februari 2003).

Walau pembuatan kapsul keladi tikus sangat mudah, ada beberapa yang harus diperhatikan agar didapat kualitas yang bagus. Kualitas yang bagus sangat ditentukan oleh pengambilan bagian mana yang layak dikapsulkan serta bagaimana proses pengeringannya. Tanpa memperhatikan dua hal tersebut kapsul yang ada akan berkualitas tidak baik dan efektifitas untuk pengobatan sangat rendah. Memang bila dilihat hasil akhir, pembuatan dengan cara ini dibanding dengan pembuatan yang serampangan cukup sulit dibedakan. Perbedaan baru terasa setelah dikonsumsi, yaitu efektifitas kapsul tersebut untuk membantu proses pengobatan (kanker).

Pemilihan Bahan
Umbi yang layak dikapsulkan. Panjang minimal 1,5 cm
Keladi tikus yang diambil untuk dikapsulkan hanya bagian umbinya saja. Dan juga bukan sembarang umbi. Sedangkan daun keladi tikus bila sudah dikeringkan efektifitasnya akan turun sangat drastis, Sehingga tidak layak lagi untuk pengobatan, khususnya kanker dan tumor. Daun keladi tikus kering hanya layak untuk pengobatan migren, wasir, semutan di tangan/kaki dan lainnya. Selain itu yang perlu diketahui, keladi tikus sangat tidak efektif untuk jamu godog.





Pangkal umbi membusuk yang biasa disebut kakekPangkal umbi membusuk yang biasa disebut kakek
Bagian mana umbi keladi tikus yang layak untuk dikapsulkan? Untuk itu kita harus mengetahui umbi – tanaman keladi tikus itu sendiri. Tanaman keladi tikus membuat umbi secara berkesinambungan dalam masa hidupnya. Artinya dari tahun ketahun tanaman keladi tikus tidak mati walau daunnya mengering/hilang. Karena itu umbinya yakan selalu bertambah panjang. Dari proses ini umbi bagian ujung (dekat daun) adalah umbi muda. Sebaliknya pangkal umbi adalah bagian yang paling tua yang lambat laun setelah 6 bulan akan membusuk (biasa disebut bagian kakek). Bagian yang layak digunakan adalah bagian tengah. Dilihat dari proses pertumbuhan, bagian tengah ini kira-kira umbi yang berumur 3 sampai 5 bulan. Bagian umbi di luar itu (ujung dan kakek) tidak bagus untuk dibuat kapsul.



Bagian ujung umbi (muda) dan bagian kakek harus dibuangBagian ujung umbi (muda) dan bagian kakek harus dibuang
Dari pertimbangan ini umbi yang layak untuk dikapsulkan adalah umbi yang panjangnya minimal 1,5 cm. Dengan demikian saat bagian yang muda dan bagian kakek dibuang masih tersisa cukup umbi untuk diolah..







Proses Pembuatan
  • Umbi yang baik untuk dikapsulkan.Umbi yang baik untuk dikapsulkan. Harus dikupas sampai seluruh kulitnya hilang
    Pilih umbi dengan panjang minimal 1,5 cm
  • Potong bagian kakek (kira-kira 35% dari umbi)
  • Potong bagian ujung (kira-kira 15% dari umbi)
  • Kupas kulit umbi keladi tikus sampai bersih.
  • Cuci dengan air mengalir
  • Rajang umbi tipis dan siap untuk dikeringkan.





Proses Pengeringan
Setelah dikupas terutama setelah dirajang, proses pembusukan umbi akan berjalan sangat cepat (dalam hitungan jam bahkan menit). Untuk itu harus cepat dikeringkan. Pengeringan paling baik adalah dibawah terik matahari. Rajangan keladi tikus baru bisa diistirahatkan pengeringannya bila sudah cukup kering yaitu dengan kadar air di bawah 35%. Secara sederhana ini bisa di coba dengan mengambil kaleng kosong (misal bekas roti) yang diletakkan terbalik. Jatuhkan keladi tikus kering dengan ketinggian sekitar  20 cm di atas kaleng. Bila suara yang dihasilkan sangat nyaring, berarti rajangan sudah bisa diistirahatkan dalam pengeringannya dan esok harinya mulai dikeringkan lagi. Untuk sinar matahari sangat terik dan penjemuran di buat sangat tipis (tidak terlalu bertumpuk), maka hasil ini bisa dicapai bila rajangan dijemur sekitar 8 jam (jam 8 pagi sampai jam 4 sore). Untuk konsumsi cepat (kebutuhan sendiri sehingga tidak harus disimpan lama) dan panas matahari yang bagus, biasanya pengeringan cukup bila penjemuran dilakukan 3 hari. Tetapi bila kapsul dibuat untuk tujuan bisnis (dijual), pengeringan tidak boleh kurang dari 5 hari(kekeringan dengan kadar air di bawah 5%). Selain itu pada proses produksi (setelah pengkapsulan dan kemudian dimasukkan dalam tempatnya/botol) sebelum ditutup harus diletakkan di bawah sinar ultra violet. Ini bertujuan untuk membantu mengurangi kontaminasi dari udara karena sinar bersifat membunuh mikroorganisme (germisida).  Dengan proses pengeringan ini kapsul bisa bertahan sampai 1 tahun dan mutu tidak rusak.

Umbi yang telah dirajang dan siap dikeringkanUmbi yang telah dirajang dan siap dikeringkan
Bagaimana bila setelah dikeringkan 1 hari kekeringan rajangan belum mencapai kadar air di bawah 35%. Bila dalam hal ini terjadi, maka rajangan harus ditiup dengan angin yang cukup kencang (misal dengan kipas angin) sampai jadual pengeringan keesok harinya. Kalau tidak, walau proses pembusukan sudah tidak terlalu cepat, hasil yang didapat tidak bagus lagi. Terlebih bila rajangan masih terasa setengah basah peniupan harus dengan angin hangat (sekitar 50°C). Proses pengeringan dengan oven juga harus dibarengi dengan sirkulai udara yang cukup dengan temperature sekitar 50°C. Kalau sirkulasi kurang, hasil akan kelihatan lebih mengkilap (seperti keripik – krupuk yang belum digoreng).  Jadi pengeringan keladi tikus dengan oven tidak boleh seperti bila Anda meng-oven kue.

Untuk itu sangat penting diperhatikan:
  1. Bila Anda akan mengeringkan umbi keladi tikus yakinlah dulu bahwa hari itu akan sempurna dan tidak ada gangguan (mendung, hujan, dsb).
  2. Mulailah pengerjaan sepagi mingkin sehingga paling lambat jam 8 pagi rajangan sudah bisa mulai dijemur.
  3. Bila pada pengeringan pertama ternyata hasil rajangan masih setengah kering dan Anda tidak bisa meniupnya dengan angin hangat anggaplah pengeringan hari itu telah gagal. Buanglah rajangan yang ada. Jangan dipaksakan untuk dilanjutkan. Bila kondisi demikian tidak dibuang, hasilnya memang tidak terlalu membahayakan. Tetapi kapsul yang Anda dapat sudah tak berkhasiat lagi.
  4. Bila Anda membuat kapsul untuk pemakaian sendiri, pembuangan ujung umbi dan kakek bisa sebanyak itu. Tetapi dosis pemakaiian harus dinaikkan 3 x sehari @ 5 kapsul (dengan kapsul ukuran 0).

Tidak bisa dikapsulkan:

Daun keladi tikus kering tidak efektif untuk pengobatan kanker.Daun keladi tikus kering tidak efektif untuk pengobatan kanker. Untuk itu harus dibuang


Rimpang Keladi TikusRimpang Keladi Tikus. Terlalu muda dan terlalu kecil untuk diolah. Disarankan untuk ditanam.



Pangkal (kakek) umbiBagian pangkal (kakek) umbi harus dipotong (sekitar 35% panjang umbi). Terlalu tua dan sudah mulai membusuk



Umbi dengan panjang kurang dari 1,5 cm Umbi dengan panjang kurang dari 1,5 cm sudah tidak efektif untuk dikapsulkan. Disarankan untuk ditanam kembali. Dalam 4 bulan sudah dapat dipanen dan dikapsulkan.

Natur Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar.

 Karomah Surat Al-ikhlas
Surat Al-Ikhlas merupakan bacaan yang sangat besar faedahnya, apabila di amalkan dengan sunguh-sungguh dan istiqomah. Dalam hal ini akan di kupas faedah dan rahasia yang terkandung di dalamnya.
Berikut Hikmah Surat Al-Ikhlas:
  • Membangkitkan aura pesona wajah agar tampak cantik alami.
  • Melancarkan jodoh.
  • Dilancarkan usaha.
  • Kerukunan suami istri.
  • Pengasihaan.
  • Disayangi atasan atau bawahan.
  • Dapat menarik lawan jenis.
  • Disayangi orang banyak.
  • Dapat pula dipergunakan oleh Agen atau Makelar dagang, supaya banyak relasi.
  • Dan masih banyak lagi keutamaan yang tersimpan di dalamnya.
Bagi Anda yang berminat mendapatkan Karomah Surat Al-Ikhlas ini. Sikahkan Konsultasi dengan kami via sms. 
Caranya ketik
Karomah Al-Ikhlas (spasi) Pesan Anda.
Contoh:
Karomah Al-Ikhlas 
Mohon info selengkapnya bagaimana cara mendapatkan Karomah Surat Al-Ikhlas
Kirim ke:
Mudah-mudahan Alloh S.W.T senantiasa mengabulkan segala cita-cita Anda.
Terima Kasih.
Wassalam,
Penyelenggara  
Subscribe: Subscribe to Bloglines Subscribe to Google Subscribe to MyYahoo Subscribe to MyMSN Subscribe to Newsgator Subscribe to Netvibes

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes